Cara Bermain Saham untuk Pemula

Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Bijak, Mudah dan Anti Rugi

Cara bermain saham untuk pemula yang baik dn bijak adalah elemen penting di dalam menekuni investasi secara teratur serta tertata. Tujuannya adalah demi menghadirkan peningkatan kondisi keuangan Anda. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup potensial untuk pemula.

Sebab, saham adalah salah satu produk investasi yang menawarkan peluang keuntungan menjanjikan dengan persentase lumayan tinggi. Nah, dengan potensi keuntungan ini, tentunya terdapat beberapa langkah yang mesti Anda pahami jika ingin menekuni dunia saham, terlebih bagi pemula.

Cara main saham bagi pemula demi mendapatkan keuntungan maksimal memang harus dilakukan memakai metode khusus. Ya, untuk pemula, bermain saham tidak boleh gegabah saat mengambil keputusan. Pasalnya, hal ini akan berhubungan dengan dana yang diinvestasikan.

Bukan tidak beralasan, saham adalah salah satu instrumen investasi yang dilakukan untuk jangka panjang demi mendapatkan profit besar. Pastinya, terdapat banyak cara yang mesti diperhatikan oleh pemula sebelum menjajal bermain saham.

Cara main saham bagi pemula memang harus banyak belajar melakukan analisis pasarnya. Sebagai investor, Anda mesti berhitung secara seksama sebelum mengambil sebuah keputusan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan secara jelas untuk investasi yang Anda lakukan.

Cara Main Saham Pemula

  1. Pertama Anda wajib tahu mengenai ilmu investasi. Sebab, pada kenyataannya di dalam dunia investasi terlebih saham bakal mempunyai banyak istilah teknis yang lumayan sulit.
  2. Pilihlah posisi trader (investasi jangka pendek) atau investor (investasi jangka panjang). Tentukan posisi Anda dengan hati-hati dan melihat dari segala sisi, supaya nantinya tidak memperoleh risiko yang terlalu berat.
  3. Anda dapat membeli saham ketika harganya turun. Sebab, saham yang turun harganya dapat saja di periode berikutnya akan mengalami peningkatan harga. Sehingga Anda berpotensi memperoleh keuntungan yang besar.
  4. Cara bermain saham untuk pemula berikutnya yaitu lakukan diversifikasi saham. Diversifikasi saham merupakan suatu teknik dalam investasi guna mengelompokkan serta memilih saham yang punya resiko kerugian minim. Seperti pada bidang sektor perbankan, properti, atau good consumer.
  5. Pilihlah perusahaan dengan keuangan yang stabil. Silakan teliti lebih dulu dengan membaca seluk beluk perusahaan terkait.
  6. Pantau pergerakan ekonomi di dalam maupun luar negeri. Sehingga Anda paham situasi pasar saham, lalu Anda akan dapat memperkirakan pergerakan saham yang Anda punya.
  7. Kenali saham LQ45 dan IDX30 yang mengacu terhadap indeks saham yang terdapat serta dikeluarkan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia).

Nah, itu tadi beberapa cara bermain saham untuk pemula. Banyak pemula yang gagal di dalam pengalaman perdananya bermain saham. Sebab terlalu ceroboh dalam memakai modal. Terkadang, mereka terkecoh dengan FOMO (fear of missing out) atau saham gorengan dalam berinvestasi. Sebetulnya keuntungan bakal berbanding lurus dengan modal yang Anda keluarkan, Tetapi, tahan diri jika sudah berada di luar batas kemampuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *